Persiapan ke Jepang: Bagasi

Jika berniat ingin keliling Jepang, satu hal yang harus diperhatikan adalah pentingnya membawa bagasi seminimal mungkin. Tidak seluruh stasiun kereta di Jepang ada eskalator atau lift, selain itu tingkat mobilitas terbatas jika membawa koper terlalu besar.

Untuk di dalam kereta transfer seperti narita express atau Haruka biasanya menyediakan space khusus untuk barang. Tetapi shinkansen tidak menyediakan hal yang sama. Tempat barang di atas kursi shinkansen hanya untuk koper kecil seukuran tinggi 40cm dan lebar 60cm. Hanya 2-3 koper besar yang bisa diselipkan di balik kursi paling belakang dan harus berebut dengan penumpang lain.

Perjalanan di dalam kota yang tidak memungkinkan membawa terus barang di kereta dan bis umum terkadang mendesak kita menitipkan barang di koin loker atau tempat penitipan barang di stasiun atau hotel. Di Jepang umumnya di setiap stasiun menyediakan koin loker. Barang-barang bisa kita masukan ke koin loker jika kita ingin bergerak lebih bebas. Kebanyakan terbagi menjadi 3 ukuran :

Kecil

Ukuran kira-kira : 35cm x 43cm x 57cm. Ini adalah ukuran koin loker terbanyak dan hampir ada di seluruh stasiun. Harga sewa loker: 300 yen/ hari

Sedang

Ukuran kira-kira 57cm x 43cm x 57cm. Ukuran ini biasanya terdapat di stasiun yang cukup besar dan tidak terlalu banyak jumlahnya. Harga sewa loker: 400 yen/ hari. Biasanya, bagasi ukuran cabin muat masuk di loker ini.

Besar

Ukuran kira-kira 117cm x 43cm x 57cm. Hanya terdapat di stasiun-stasiun utama dan jumlahnya terbatas. Harga sewa loker: 500 yen/ hari

Berikut cara menggunakan koin loker:

1. Cari loker kosong

2. Masukkan barang

3. Masukkan koin (hanya terima koin 100 yen saja!)

4. Tutup pintu loker dan kunci

5. Bawa kunci.

Kalau ternyata kita menitipkan barang lebih dari sehari atau dalam beberapa kasus lebih dari 12 jam, biasanya akan ada biaya tambahan. Masukkan koin untuk biaya tambahan sebelum membuka kunci. Yang harus diperhatikan pula, ada beberapa loker yang menggunakan metode fasilitas pembayaran dengan suica/pasmo. Kalau membayar dengan suica, saat mengambil barang harus menggunakan kartu yang sama dengan saat pembayaran. Jangan sampai tertukar kalau tidak barangnya malah tidak bisa diambil. Paling aman memang pakai koin saja.

Di beberapa stasiun utama juga menyediakan loker khusus penitipan barang untuk barang-barang yang ukurannya melebihi standar. Hanya saja, selain jumlahnya yang sangat sedikit dan lokasi sulit ditemui, harga sewanya pun lebih mahal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s