Visa Jepang ditolak?

Walaupun pengurusan visa Jepang bisa dibilang relatif mudah, ada kasus-kasus khusus yang bisa menyebabkan visa ditolak. Setelah dicermati, kemungkinan alasan penolakan tersebut diantaranya:

1. Jadwal perjalanan yang terlalu heboh.

Untuk turis yang ingin bepergian keliling Jepang terlebih tanpa melalui tur khusus agen Jepang, biasanya sulit untuk lolos jika menuliskan semua jadwal rencana perjalanan. Seorang kawan bercerita, Ia ditolak kedutaan karena menulis dengan detail setiap perjalanannya ke lebih dari 10 kota Jepang dalam waktu 2 minggu. Kalau mau berprasangka baik, mungkin pihak kedutaan tidak ingin beresiko jika tidak bisa menghubungi sang turis saat sedang melompat kesana sini, terlebih traveling ala backpacker.

Tips: Tulis jadwal perjalanan yang masuk akal. Jangan lupa, rekening koran yang dilampirkan juga akan dibandingkan dengan rencana perjalanan kita. Kalau dirasa tidak sesuai, pasti ditolak.

2. Alamat pemohon yang diluar wilayah yuridiksi.

Tips: Cek tempat tinggal anda termasuk wilayah yuridiksi konsulat yang mana. Jika anda tinggal di Kalimantan, masukan permohonan ke kantor yuridiksi di Surabaya. Jika alamat KTP anda Sumatera, maka daftarlah lewat konsulat di Jakarta

3. Saldo tabungan alias rekening koran pas-pasan

Tips: Survei dulu berapa biaya yang diperlukan selama di Jepang, kemudian lebihkan kira-kira seharga satu tiket pulang. Kalau saldo tabungan pas-pasan, biasanya akan lebih sulit untuk lolos. Mereka juga tidak mau ada turis terluntang lantung karena kehabisan uang di jalan kan? Kalau perlu pinjam dulu uang agar rekening tabungan lebih besar nilainya.

4. Kurang dokumen yang diperlukan

Ini kemungkinannya kecil, tapi tetap ada. Biasanya petugas sudah melakukan cek awal dan akan menghubungi kita jika ada dokumen yang kurang. Jika dokumen tersebut tidak dapat dimasukkan dalam waktu yang ditentukan, tentu saja wajar dika ditolak.

Tips: Cek ulang semua dokumen. Jangan lupa perhatikan tanggal dan masa berlaku dokumen anda seperti paspor, tanggal berlaku visa penjamin, dsb.

5. Jika Anda tidak punya pekerjaan tetap

Kemungkinan alasan penolakan ini, adalah karena takut ada yang tidak jadi pulang karena tertarik bekerja atau tinggal di Jepang. Banyaknya kasus imigran gelap menjadi salah satu pemicu terbesar gagalnya aplikasi visa untuk pemohon yang tidak memiliki status bekerja/belajar yang jelas. Biasanya terjadi untuk pemohon yang dalam usia produktif.

Tips: Kalau mau aman, sebaiknya ikut dalam tur, atau daftarkan lewat agen perjalanan agar lebih terjamin. Pastikan juga rekening tabungan yang besar agar bisa meyakinkan mereka kita tidak tertarik menetap disana.

Masih ada faktor lain diluar poin-poin di atas. Siapkan baik-baik semua dokumen dan rencanakan dengan matang perjalanan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat ya..🙂

One thought on “Visa Jepang ditolak?

  1. Pingback: Visa ke Jepang, susah gak? | jamurjepang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s