Penginapan di Jepang

Penginapan di Jepang cukup mahal untuk ukuran kantong orang Indonesia. Belum lagi sistem penginapan disini tidak dihitung per kamar, melainkan per kepala. Hati-hati juga, belum tentu semua penginapan atau hotel menerima anak kecil, terlebih bayi dan balita. Biasanya bayi dan balita tidak dikenakan biaya, sedangkan anak usia SD dikenakan biaya antara 50-75% harga orang dewasa.

1. Hostel

Untuk Anda yang tidak keberatan menginap di hostel dan berbagi dengan orang lain, ada banyak penginapan murah. Ada hal yang harus diperhatikan untuk pemesanan hostel, biasanya hostel menolak tamu dengan anak kecil di bawah usia SD. Untuk lebih jelasnya, silakan hubungi langsung hostel untuk konfirmasi. Rata-rata biaya per orang antara 1500-3500 yen

2. Hotel Kapsul

Hotel kapsul ini kalau tidak salah hanya ada di Jepang. Harganya lumayan, antara 2000-4000 yen. Rata-rata menyediakan yukata (bathrobe) untuk tidur, handuk dan perlengkapan mandi. Oh ya, kebanyakan hotel kapsul juga hanya menerima laki-laki. Jadi untuk yang wanita, ada baiknya browsing dulu ya..

Ada juga yang agak-agak mirip hotel kapsul tapi lebih besar sedikit, namanya First Cabin. Ini sebenarnya terinspirasi dari first class cabin pesawat, jadi hanya berupa tempat tidur saja. Enaknya, masih ada ruang gerak, dan disediakan tv juga. Sedangkan fasilitas lain digunakan bersama-sama. Sayangnya, First cabin ini juga hanya ada di beberapa kota saja.

3. Ryokan & Minsyuku

Ryokan adalah penginapan ala Jepang, biasanya berupa kamar beralaskan tatami dengan tempat tidur dari futon. Menginap di Ryokan merupakan pengalaman tersendiri untuk mencoba sensasi tidur ala orang Jepang. Tarif penginapan di ryokan bervariasi. Bila Anda menginap di ryokan yang dekat dengan tempat wisata, biasanya mereka menawarkan paket menginap semalam dengan makan pagi dan makan malam. Untuk penghematan biaya, bisa saja anda mengambil paket penginapan saja, tanpa makan atau hanya sarapan. Biaya ryokan untuk penginapan saja harganya berkisar 2000-5000 yen per orang. Bila dengan paket sarapan rata-rata 4000-7000 yen per orang. Sedangkan  untuk paket dua kali makan rata-rata 8000-25.0000 yen per orang.

Minsyuku sebenarnya mirip dengan ryokan, hanya saja skalanya lebih kecil. Biasanya berupa rumah ataupun gedung penginapan kecil. Rata-rata harganya 1500 – 3000 yen. Minsyuku umumnya di luar kamar fasilitas lainnya untuk umum, seperti kamar mandi, ruang tamu dan lain-lain.

4. Apartemen dan Rumah

Terkadang ada beberapa warga yang menyewakan rumah atau kamar di apartemen mereka. Harganya tentu relatif murah dibanding hotel, namun fasilitasnya dipakai bersama-sama. Rata-rata 2000-4000 yen untuk seorang per malam.

5. Kuil

Kuil-kuil di Jepang, terutama Budha juga menyediakan jasa penginapan. Biasanya penginapan sepaket dengan dua kali makan vegetarian. Pengalaman unik menginap di kuil selain menginap, Anda juga diharapkan ikut dalam upacara doa pagi hari. Cocok untuk bermeditasi. Biaya penginapan 7000-12.000 yen dengan dua kali makan.

Berikut ini beberapa situs web yang dikelola agen wisata Jepang yang menyediakan layanan pemesanan dalam bahasa inggris. Biasanya mereka akan memberi diskon rata-rata 30-60% untuk pemesanan kamar lebih dari 28-45 hari sebelumnya. Bisa jadi menginap di hotel lebih murah dari pada di hostel.

  1. Jalan http://www.jalan.net/
  2. Japanican http://www.japanican.com/index.aspx
  3. Airbnb https://www.airbnb.com/s/Japan
  4. Capsule hotel http://www.asia-hd.co.jp/i_capsule.html
  5. First cabin http://www.first-cabin.jp/en/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s