Kapan waktu terbaik ke Jepang?

Jepang memiliki keindahan yang berbeda-beda tiap musimnya. Dari segi suhu udara, paling nyaman pergi pada musim semi dan musim gugur dimana suhu berkisar antara 15-25 °C dan pohon-pohon penuh bunga dan warna. Di musim panas, Jepang penuh dengan festival dan kembang api. Sedangkan di musim dingin, Jepang menawarkan sensasi berbeda, terlebih untuk orang dari Indonesia.

 

Musim Semi

Shinjuku Gyoen di musim semi

Musim semi di Jepang dimulai dari akhir Februari hingga akhir Mei. Berbagai macam bunga bermekaran hampir di setiap sudut kota. Bunga plum menjadi pertanda masuk musim semi, mekar sekitar akhir Februari. Bunga kebanggaan Jepang-Sakura, mekar di minggu pertama April. Biasanya Sakura hanya mekar selama 2 minggu. Selain Sakura, Tulip juga cukup populer dinikmati dari pertengahan sampai akhir April, diikuti oleh bunga-bunga lainnya.

Di musim semi biasanya dalam cuaca dalam seminggu bergantian antara cerah dan hujan. Namun, waspada terkadang datang angin topan dan angin kencang saat pergantian musim.

Musim Panas

Hanabi Sumidagawa, penuh orang sampai di bawah jembatan

Jika ingin melihat langsung festival-festival di Jepang, datanglah pada musim panas, terutama akhir Juli dan awal Agustus. Di berbagai tempat biasanya ada pertunjukan kembang api dan berbagai tari-tarian rakyat seperti bon odori, awa odori, dan lain-lainnya. Di musim ini pula banyak orang berseliweran mengenakan yukata, benar-benar pemandangan yang sayang untuk dilewatkan. Sesekali, coba pula pakai yukata sambil berjalan keliling kota. Biasanya tempat-tempat wisata memberikan diskon khusus bagi pengunjung yang beryukata. Untung kan?

Musim Gugur

Image

Warna warni saat light up di Kiyomizudera

 

Gradasi daun yang berubah memerah, udara yang sejuk, warna-warni pepohonan betul-betul cantik dan memanjakan mata. Di musim gugur, kuil-kuil dan tempat wisata banyak yang mengadakan light up, menyorot pepohonan di waktu malam. Bukan hanya turis asing, turis lokal sama antusiasnya menyambut musim ini. Waktu terbaik di musim gugur kira-kira antara akhir November dan awal Desember.

Musim Dingin

Jejak salju di Yutenji

Meski udara dingin menusuk, ada beberapa hal yang patut dicoba di musim dingin. ‘Yukiguni’ atau negeri salju, Jepang menawarkan berbagai wisata salju yang menarik. Main ski atau sekedar berseluncur di tempat-tempat ski, atau menikmati kehangatan onsen, sayang jika tidak dicoba.
Akhir Januari sampai pertengahan Februari adalah masa terdingin dalam setahun. Jangan lupa bawa baju tebal dan sepatu tertutup bila berkunjung di musim ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s